X
    Categories: Uncategorized

Zakat, Beserta Fungsi dan Jenisnya

Melaksanakan zakat adalah wajib hukumnya bagi para umat muslim. Zakat merupakan amalan penting yang jika ditinggalkan maka hukumnya dosa. Namun zakat sendiri ternyata banyak macamnya yang dimana mungkin sebagian dari kalian para umat muslim belum begitu mengetahuinya.

Macam-Macam Jenis Zakat Dalam Islam

Zakat secara umum terbagi menjadi dua bagian yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Berikut akan dijelaskan macam-macam zakat berdasarkan jenis dan fungsi zakat itu sendiri.

1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan jenis zakat yang wajib diamalkan minimal satu kali dalam setahun oleh seluruh umat muslim yang dirasa mampu dari segi materi. Baik itu untuk dirinya sendiri maupun untuk anggota keluarga yang menjadi tanggungannya. Zakat fitrah dilaksanakan biasanya pada tanggal 1 syawal sebelum sholat idul fitri, tepatnya saat sholat subuh. Bagi para umat muslim zakat fitrah dipercaya mampu membersihkan dan mensucikan kembali diri kita dari berbagai amalan buruk yang telah kita perbuat, selain itu zakat fitrah juga dapat membantu para warga miskin agar terhindar dari kelaparan dan kemiskinan. Jumlah yang harus dikeluarkan saat mengamalkan zakat fitrah adalah satu sha’ (3,5 liter/2.5 kg) per jiwa.

2. Zakat Maal

Zakat maal merupakan jenis zakat yang hukumnya juga wajib bagi seluruh umat muslim dengan harta benda yang cukup untuk di sumbangkan ke kaum yang lebih membutuhkan. Zakat maal disebut juga zakat harta benda. Jenis zakat yang satu ini meliputi zakat emas, perak, dan uang, kemudian zakat hewan ternak, zakat ziro’ah (zakat hasil bumi), zakat ma’adin (barang galian), zakat tijaroh (zakat jual beli), dan zakat rikaz (harta temuan). Kita ambil 3 contoh jenis zakat, dimulai dari zakat emas, perak dan uang. Jenis zakat yang satu ini wajib hukumnya dikeluarkan setahun sekali dengan kadar zakat sebanyak 2,5%. Untuk zakat ziro’ah atau hasil bumi, biasanya diwajibkan untuk umat muslim yang memiliki lahan perkebunan atau pertanian, ia wajib menzakatkan hasil buminya tersebut sebanyak 10%.

Kemudian zakat Ma’adin atau barang galian,

jenis zakat yang satu ini hampir sama dengan zakat emas dan perak karena yang dimaksud barang galian disini adalah segala sesuatu yang berharga yang dikeluarkan oleh bumi, contohnya emas, timah dan perak. Jumlahnya juga sebanyak 2,5%.

Berikut adalah contoh tiga jenis zakat yang wajib Anda amalkan.

Macam-macam zakat tersebut harus dilakukan minimal satu tahun sekali dan di waktu tertentu. Namun untuk Anda yang ingin berzakat dalam bentuk uang, Anda bisa menyalurkan zakat Anda melalui lembaga kemanusiaan aksi cepat tanggap. Lembaga ini telah mengelola dan menfasilitasi ratusan hingga ribuan zakat untuk disalurkan.

Lembaga aksi cepat tanggap juga siap melayani Anda yang ingin menyumbangkan macam-macam zakat untuk ribuan hingga jutaan warga miskin yang sangat membutuhkan bantuan Anda.

sucasacw4dm1n: