freelancer

Daftar Pekerjaan Part Time Bila Kamu Harus Kuliah di Luar Negeri

Tak ada salahnya bila mengambil pekerjaan part time disela kewajiban Anda kuliah di luar negeri. Banyak negara yang memang memperbolehkan pelajar internasional kerja part time sambil kuliah. Para pelajar internasional pun telah banyak yang mengambil kerja part time untuk mendapat tambahan uang saku sekaligus memperkaya pengalaman bekerja part time.

Untuk Anda pelajar internasional yang berminat untuk mengisi waktu luang dengan kerja part time, maka simak informasi berikut ini

Daftar pekerjaan part time ini yang mungkin dapat dijadikan referensi kerja part time Anda sebagai berikut:

Fotografer & Videografer

fotografer barang unik

– Memanfaatkan kemampuan sendiri misalnya menjadi blogger, menjadi tutor, desainer grafis, fotografer, serta videografer. Anda dapat memanfaatkan kemampuan dan hobi Anda untuk menghasilkan uang. Tawarkan jasa kepada orang sekitar untuk mempromosikan kemampuan Anda. Bila Anda merasa profesional dengan kemampuan Anda maka coba tawarkan pada perusahan.

Penjaga Perpusatakaan

– Cari pekerjaan di kampus salah satu cara untuk mendapatkan kerja part time yang dekat. Anda dapat melihat apakah ada pelajar internasional yang kerja part time di kampus dan cari tau persyaratannya. Perlu diperhatikan bahwa tiap negara punya kebijakan kerja part time yang berbeda. Pekerjaan di kampus misalnya part time di kantin kampus atau penjaga perpustakaan di kampus.

Other

– Cari pekerjaan di luar kampus yang bisa menerima pelajar internasional yang ingin kerja part time. Beberapa restoran atau toko biasanya membuka lowongan untuk mahasiswa untuk kerja part time. Contoh pekerjaan mulai dari fast food worker, hotel staff, cleaning service, kitchen hand, waiter, promotor, marketer, serta volunteer sebuah acara.

IT Support

– Melamar pekerjaan langsung bila memungkinkan sesuai dengan kriteria Anda. Anda perlu mempersiapkan dokumen untuk persyaratan melamar di sana. Contoh pekerjaanya seperti menjadi IT support, spesialis sosial media, serta programmer.

Itulah beberapa referensi pekerjaan part time yang bisa diambil untuk menambah uang saku disela waktu kuliah. Jangan malu untuk meminta saran pada pelajar internasional lain yang terutama yang sudah menjalankan pekerjaan part time terlebih dahulu.

Cari tau apa yang perlu disiapkan agar tak terjadi masalah yang mungkin muncul. Berkerja part time merupakan proses dari pembelajaran. Dengan pengalaman bekerja part time, Anda akan mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja nantinya. Bila mendapatkan kerja part time di suatu toko maupun perusahaan, maka usahakan selalu bersikap profesional setiap pekerjaan. Tunjukan perilaku yang baik dan inisiatif agar bos Anda puas dan mungkin dapat memberikan pekerjaan dengan rekomendasi lebih baik.

Cara lain untuk mendapatkan pekerjaan part time adalah bisa mencarinya melalui situs online yang berkembang di negara tempat Anda kuliah. Banyak alternatif yang dapat dipilih sebagai pekerjaan part time. Bila ingin mendapatkan pekerjaan part time kuncinya jangan menutup diri.

Perlu anda ketahui, bahwa dengan bekerja part time saat anda kuliah di luar negeri sebenarnya memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut :

1. Menambah penghasilan

Anggaplah kuliah anda di luar negeri berasal dari uang keluarga, ataupun beasiswa yang anda terima tidak selamanya mencukupi kebutuhan anda, dan mungkin juga kebutuhan anda sudah tercukupi namun ada beberapa keinginan anda yang belum terpenuhi, misalkan belanja tas atau pulang yang biasanya sebulan sekali, ingin menjadi sebulan dua kali.

2. Menambah pengalaman

Bisa jadi karir anda sebagai seorang freelancer/ pekerja part time hanya sebagai pelayan toko, namun bila anda mampu melaksanakan semua job desc anda dengan baik dan membina network yang ada, itu menjadi nilai lebih yang bisa jadi di kemudian hari sangat menolong dan membantu anda dalam urusan karir atau hal yang lainnya.

3. Menambah portofilio

Saat anda menjalankan profesi part time anda sebaga seorang videografer ataupun fotografer, yang pertama sekali anda bisa lakukan adalah mendokumentasikan karya anda ke youtube bila anda seorang videographer ataupun ke dalam blog bila anda seorang fotografer. Penting anda ketahui, bahwa dari kedua media tersebut anda bukan hanya mendokumentasikan saja sehingga jika dibutuhkan anda cukup membagikan link youtube atau blog tetapi juga bisa anda monetize untuk menjadi tambahan penghasilan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *