Manfaat Lari Pagi Bagi Jantung

“Bangun tidur Ku terus mandi, tidak lupa sikat gigi” Lagu tersebut mencerminkan kegiatan positif setelah bangun tidur. Namun, tahukah Anda, selain hal tersebut ada banyak sekali kegiatan positif yang bisa dilakukan pada pagi hari. Salah satunya yaitu berlari. Ada banyak sekali manfaat lari pagi bagi jantung yang belum Anda ketahui. Lari merupakan salah satu olahraga yang paling ringan.

Semua orang tentu bisa melakukannya. Berlari sangat baik dilakukan pada pagi hari dimana udara masih sangat sejuk sehingga sangat baik untuk pernapasan serta kesehatan jantung. Lalu apa saja manfaat berlari pada pagi hari untuk kesehatan jantung Anda? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan rutin berlari saat pagi hari bagi kesehatan jantung.

– Detak Jantung Stabil

Manfaat lari pagi bagi jantung yang pertama yaitu menstabilkan detak jantung. Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting. Jantung berfungsi sebagai pemompa darah sehingga jantung harus dijaga dengan baik. Pada jantung yang sehat dan normal, jantung dapat berdetak hingga 100.000 kali. Untuk menjaga detak jantung agar tetap stabil dan memompa darah dengan lancar, maka berlari pagi sangat penting dilakukan. Berlari pada pagi hari dapat menstabilkan detak jantung. Sehingga mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Dengan jantung yang sehat dan berdetak dengan stabil, efek tersebut dapat Anda rasakan pada usia tua yaitu memiliki jantung yang kuat.

– Memperlancar Aliran Darah

Manfaat lari pagi bagi jantung selanjutnya yaitu memperlancar aliran darah. Salah satu penyebab sakit jantung yaitu adanya tumpukan lemak atau kolesterol yang menumpuk pada bagian arteri sehingga mengakibatkan pasokan darah menjadi berkurang. Dengan berkurangnya pasokan darah dapat menyebabkan beberapa masalah pada jantung. Salah satu yang sering dirasakan yaitu nyeri pada dada. Nyeri pada dada ini dapat menjadi salah satu gejala penyakit jantung. Seseorang yang rutin berlari selama seminggu dapat memperlancar aliran darah menuju jantung dan mengurangi penumpukan kolesterol pada arteri coroner sebanyak 34%.

– Panjang Umur

Siapa sih yang tidak ingin panjang umur? Salah satu cara agar umur Anda panjang yaitu rajin berolahraga pada pagi hari dengan berlari. Berlari pada pagi hari dapat mengurangi resiko meninggal di usia muda karena gagal jantung. Hal tersebut telah dibuktikan adanya penelitian yang membuktikan bahwa dengan berlari sejauh 56Km dalam sehari dapat menekan resiko meninggal hingga 50%. Hal tersebut dikarenakan aliran darah yang lancar sehingga pasokan oksigen ke dalam tubuh juga sangat banyak. Dengan pasokan oksigen yang banyak maka system pernapasan akan menjadi lebih lancar. Pasokan darah dari jantung menuju otak juga akan lancar. Sehingga dapat mengurangi terserang penyakit-penyakit beresiko tinggi lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat lari pagi bagi jantung. Dengan berolahraga setiap hari utamanya berlari, maka tubuh akan semakin sehat dan bugar dengan peforma jantung yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *