X
    Categories: kesehatan

Pilihan Makanan Sehat Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Bukan sebuah perintah, namun merupakan sebuah keharusan untuk ibu hamil agar menjaga kesehatannya lebih ekstra dibandingkan saat tidak hamil. Seperti yang diketahui juga bahwa menjaga kesehatan kehamilan bukan hanya berdampak pada kesehatan ibu saja, namun juga untuk calon buah hati yang sedang bertumbuh di dalam kandungan ibu. Nah, dalam menjaga kesehatan kehamilan, ada banyak hal yang bisa ibu lakukan. Salah satu yang tidak dapat terlepaskan adalah mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil.

Asupan makanan sehat untuk ibu hamil porsinya bukanlah berkali-kali lipat karena untuk dikonsumsi ibu dan janin, melainkan yang meningkat adalah kebutuhan nutrisi harian. Sehingga yang harus diperhatikan adalah makanan yang mengandung nutrisi lebih banyak dibandingkan asupan makanan saat sedang tidak hamil.

Lantas, apa saja makanan sehat ibu hamil itu ? Ada sangat banyak dan semuanya bisa ditemukan dengan mudah di sekitar. Ibu juga bisa menemukan berbagai bahan makanan sehat di Lemonilo yang merupakan marketplace pertama di Indonesia yang hadir untuk mempertemukan penjual dengan pembeli berbagai makanan sehat. Nah, daftar makanan sehat yang direkomendasikan untuk ibu hamil antara lainnya adalah sebagai berikut ini :

1. Sayur dan Buah –

sayur dan buah merupakan komponen utama dalam konsumsi sehat untuk semua orang dalam menjalankan kebiasaan sehat dan yang pastinya tidak terkecuali untuk ibu. Buah dan sayur yang direkomendasikan agar dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah dan sayur yang mengandung aneka jenis vitamin, mineral dan juga serat. Sayuran salah satunya adalah bayam yang mengandung vitamin A, C sampai dengan K dan juga asam folat. Buah salah satunya adalah pisang yang kaya serat.

2. Kacang-kacangan –

makanan sehat ibu hamil yang berikutnya adalah dari kelompok kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga menjadi salah satu komponen sumber asupan serat yang penting untuk ibu hamil guna mencegah kontipasi serta hemoroid. Selain itu juga kacan-kacangan seperti kacang mede, kacang almond merupakan makanan sumber folat, zat besi, seng sampai dengan kalsium yang kesemuanya diperlukan oleh ibu hamil dan janin.

3. Daging, Ikan dan Telur –

kelompok makanan tersebut adalah sumber protein yang jelas diperlukan oleh ibu hamil guna mendukung pertumbuhan janin dan juga guna menunjang perkembangan kecerdasan otak janin. Telur sendiri adalah makanan sumber kolin yang juga baik untuk perkembangan otak serta meminimalisir resiko bayi lahir dengan kelainan. Ikan yang direkomendasikan adalah yang kaya omega 3 seperti ikan salmon. Serta untuk daging sendiri pilihlah daging yang tanpa lemak.

4. Air –

air pun tidak ketinggalan menjadi asupan konsumsi yang penting agar dicukupi oleh ibu. Minum cukup air dapat mencegah bayi lahir prematur maupun juga mencegah berbagai masalah kehamilan.

sucasacw4dm1n: