Lembaga Pengelola Zakat di Indonesia dan Programnya

Ada banyak lembaga pengelola zakat di Indonesia dengan aturan kerja yang berbeda-beda. Pengurus dan penyalurannya juga tidak sama antara satu lembaga dengan lembaga lainnya. Lembaga pengelola zakat utamanya mempunyai aturan penyaluran zakat sesuai syariat. Namun kini lembaga tersebut tidak hanya untuk tugas atau fungsi tersebut saja.

Beberapa lembaga pengelola zakat yang bagus lainnya, justru mempunyai banyak tugas lain selain untuk agama atau zakat. Program-program yang diciptakan pastinya memiliki tujuan untuk kesejahteraan bersama. Berikut adalah beberapa program yang dijalankan oleh lembaga pengelola zakat yang mengurus zakat yang telah terkumpul.

Program Kebaikan dari Lembaga Pengelola Zakat

Lembaga pengelola zakat yang benar-benar bekerja adalah yang tidak hanya berkutat pada zakat saja. Lembaga pengelola zakat perlu memiliki program lain selain keagamaan, seperti program sosial dan kemanusiaan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya tentang program-program bagus dari beberapa LAZ.

1. Program keagamaan

Program ini menjadi yang paling pokok, harus ada karena begitu penting. Setiap lembaga pengelola zakat di Indonesia memang memiliki tugas pokok untuk urusan. Program keagamaan yang menyangkut zakat harus dikelola dengan fokus dan tertata. Memberikan pelayanan terbaik untuk saudara muslim yang akan membayarkan zakat. Lembaga pengelola zakat perlu mempunyai program untuk memudahkan muzaki dalam membayar hutang. Segala informasi zakat yang diperlukan pengguna layanan sebaiknya dapat diberikan dengan jelas. Program ini menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kewajiban berzakat.

2. Program sosial

Berbagai program sosial juga dimiliki oleh lembaga sosial yang bagus dan kredibel. Program sosial tersebut dalam bentuk kebutuhan pokok manusia. Seperti kebutuhan akan pangan dan sandang. Lembaga pengelola zakat di Indonesia sering memberikan bantuan dari dana zakat untuk membantu saudara baik muslim atau pun non-muslim memenuhi kebutuhan pangan. Selain itu ada pula bantuan kesehatan untuk mencapai target masyarakat Indonesia sehat. Terdapat juga program sosial untuk bantuan pendidikan. Beberapa lembaga pengelola zakat yang bagus menyalurkan zakat yang terkumpul untuk diberikan dalam bentuk beasiswa untuk murid dan beasiswa untuk guru.

3. Program kemanusiaan

Tidak hanya dua program saja, tetapi ada juga program kemanusiaan yang dijalankan. Lembaga pengelola zakat tidak melulu mengatur zakat, tetapi melaksanakan program kemanusiaan. Seperti terjadi kecelakaan atau pun bencana alam. Biasanya lembaga pengelola zakat akan segera mengeluarkan dana zakat untuk dikirim ke tempat-tempat yang sedang mengalami musibah. Bahkan untuk di luar, lembaga pengelola zakat juga menjalankan program kemanusiaan di daerah-daerah yang sedang mengalami konflik. Apabila ada bencana kemanusiaan seperti kelaparan, lembaga pengelola zakat juga akan melaksanakan program kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang mengalami bencana tersebut.

Demikian beberapa informasi seputar lembaga pengelola zakat dengan program-program kebaikannya. Lembaga pengelola zakat di Indonesia akan bisa sedikit membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *