X
    Categories: Uncategorized

Kelaparan di Nigeria Dapat Tewaskan 75 Ribu Anak-anak

Beberapa negara di Afrika tengah berjuang melawan bencana kelaparan, salah satunya adalah kelaparan di Nigeria. Wabah kelaparan yang berada di daerah kekuasaan kelompok militer Boko Haram, tepatnya di bagian timur luat Nigeria ini, diperkirakan dapat menewaskan hingga 75 ribu anak-anak. Bahkan, wabah kelaparan diperkirakan akan terus terjadi hingga tahun depan. Badan Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNICEF menyebut bahwa angka tersebut akan terus bertambah jika bantuan tidak segera datang. PBB turut menyerukan pengawalan militer untuk pekerja bantuan yang hendak mencapai daerah krisis. Dikatakan pula oleh PBB bahwa angka 75 ribu tersebut diperkirakan akan datang dari tiga negara bagian, yaitu Yobe, Borno serta Adamawa.

Ketiga daerah dengan kelaparan di Nigeria terparah tersebut memiliki harga makanan tertinggi serta konflik berkepanjangan. Warga menjadi sulit untuk bercocok tanam sehingga persediaan makanan yang ada pun terus menipis. Menurut laporan UNICEF, sekitar 400 ribu anak usia di bawah lima tahun telah menderita malnutrisi akut di Nigeria. Lebih dari empat juta orang mengalami kekurangan makanan. UNICEF juga telah meningkatkan upaya penggalangan bantuan kemanusiaan guna membantu anak-anak malnutrisi di Nigeria. UNICEF menargetkan bantuan dana sebesar US$115 juta, namun hingga kini baru terkumpul sebanyak US$28 juta. Hal ini menjadi halangan untuk rencana UNICEF, namun mereka tidak akan berhenti dalam mengupayakan kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak korban kelaparan tersebut.

Kelaparan di Nigeria sendiri terjadi sebagai imbas dari terorisme kelompok militer Boko Haram hingga bencana kekeringan. Boko Haram diketahui telah menggempur Nigeria selama tujuh tahun. Selama itu pula, sebanyak 15 ribu orang tewas dan lebih dari dua juta orang mengungsi. Dampaknya adalah harga makanan yang melambung dan warga yang kesulitan untuk kembali bercocok tanam. Di samping itu, kekeringan yang terjadi juga semakin memperparah pasokan makanan untuk warga. Wabah kekeringan serta kelaparan ini terutama terjadi di bagian timur dan utara dari Nigeria.

Bantuan kemanusiaan untuk membantu menangani wabah kelaparan yang terjadi di Nigeria ini datang dari berbagai kalangan serta negara. Di Indonesia sendiri, Aksi Cepat Tanggap atau ACT untuk kemanusiaan sempat melakukan proyek penggalangan dana untuk disumbangkan pada masyarakat Nigeria yang menjadi korban dari wabah kelaparan ini. Relawan dari berbagai lembaga dan negara juga turut membantu baik dalam menyumbang uang, makanan maupun tenaga medis. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, diharapkan angka 75 ribu anak-anak yang diperkirakan akan tewas menjadi korban wabah kelaparan di Nigeria dapat dikurangi hingga angka minimal. Demikian adalah informasi seputar kelaparan yang terjadi di negara Nigeria, penyebabnya serta bantuan yang mereka terima. Semoga dapat menjadi tambahan wawasan untuk kita semua.

sucasacw4dm1n: