X
    Categories: kesehatan

Kenali Manfaat Dari Susu Kedelai

Kedelai adalah salah satu biji-bijian yang dapat digunakan sebagai sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Namun, kedelai tidak boleh dimakan dalam keadaan mentah karena protein kedelai dalam keadaan mentah tidak dapat dicerna dalam tubuh. Hal ini karena kedelai memiliki zat anti gizi yang mencegah penyerapan protein jika dikonsumsi dalam bentuk mentah. Selama proses pengolahan, zat anti gizi ini dapat hilang sepenuhnya. Efek pengolahan juga dapat membuat struktur protein menjadi lebih sederhana sehingga lebih mudah dicerna. Kita tentunya mengetahui bahwa ada banyak pengolahan kedelai yang kita ketahui. Salah satu pengolahan kedelai yang baik dikonsumsi adalah susu kedelai. Ada banyak manfaat susu kedelai bagi tubuh. Adapun manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pengganti susu sapi yang baik

Manfaat susu kedelai bagi tubuh yang pertama adalah sebagai pengganti susu sapi. Mengapa susu sapi perlu diganti? Kita ketahui bahwa ada banyak manfaat mengkonsumsi susu sapi. Susu sapi memiliki kandungan gizi yang kaya sehingga baik bagi tubuh. Namun, tidak semua orang dapat mengkonsumsi susu sapi karena kandungan laktosa. Beberapa orang tidak dapat mencerna laktosa. Kondisi ini disebut lactose intolerance. Bagi mereka yang tidak bisa mengkonsumsi laktosa, susu kedelai dapat menjadi alternatif susu pengganti. Kandungan gizi susu kedelai juga cukup lengkap dan memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk tubuh. Susu formula yang dibuat dengan bahan kedelai untuk konsumsi bayi yang mengalami kondisi tersebut juga sudah dilakukan oleh beberapa produsen susu formula besar.

2. Antioksidan

Manfaat susu kedelai bagi tubuh yang kedua adalah dapat berfungsi sebagai antioksidan. Dalam susu kedelai, terdapat senyawa isoflavon yang dapat bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah tubuh terkena oksidasi yang disebabkan oleh banyak hal seperti asap rokok dan kendaraan, pola makan yang tidak sehat, sengatan matahari, dan sebagainya. Antioksidan juga bekerja mengikat radikal bebas di dalam tubuh dan membuatnya menjadi senyawa yang tidak agresif. Kita tahu bahwa radikal bebas adalah salah satu penyebab penyakit kanker pada tubuh. Antioksidan juga dapat digunakan sebagai pencegah penuaan dini.

3. Mempercepat penyerapan kalsium

Protein dalam susu kedelai dapat bersinergi dengan kalsium dan membuat penyerapan kalsium menjadi lebih cepat. Kalsium merupakan mineral yang penting bagi tulang. Penyerapan kalsium secara maksimal dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan tulang pada masa pertumbuhan.

3 manfaat susu kedelai bagi tubuh tersebut baru sebagian kecil dari banyak manfaat lainnya. Jangan lupa, dalam mengkonsumsi susu kedelai, Anda harus mengonsumsinya dengan takaran yang pas. Kita tentunya sudah tahu bersama bahwa segala yang berlebihan tidak baik. Mengkonsumsi makanan berlebihan juga termasuk tidak baik bagi tubuh.

sucasacw4dm1n: