X
    Categories: kesehatan

4 Alasan Mandi di Malam Hari Tidak Baik

Mandi di malam hari, seringkali menjadi larangan yang tidak diperkenankan untuk dilakukan, yang banyak digaungkan oleh berbagai kalangan. Pelarangan mandi di malam hari ini memang bukan tanpa alasan yang pasti, namun berbagai dampak terhadap kesehatan tubuh, disinyalir menjadi penyebab utama pelarangan ini digaungkan oleh teman, kerabat ataupun sanak famili lainnya. Bagi Anda seorang pekerja yang memang terbiasa melakukan mandi di malam hari, karena memang tuntutan waktu kerja yang terlalu padat, mungkin Anda harus membaca ulasan berikut ini yang lebih sering dijadikan sebagai alasan mandi di malam hari.

1. Mandi di malam hari menyebabkan timbulnya reumatik

Reumatik merupakan penyakit peradangan persendian, yang pada umumnya dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian persendian tubuh manusia. Penyebab penyakit ini secara utuh pun belum secara jelas ditemukan dengan pasti. Beberapa ahli mengatakan bahwa faktor genetika dari pertumbuhan tulang kerap menjadi faktor utama penyebab timbulnya penyakit reumatik ini. Lalu bagaimanakah hubungan penyakit ini dengan waktu mandi malam. Penderita penyakit reumatik pada umumnya akan lebih merasakan nyeri pada peradangan ketika menjelang malam, hal ini akan dapat lebih diperparah jika Anda menghadirkan rasa dingin pada tubuh Anda dengan melakukan mandi di malam hari. Oleh sebab itulah mengapa mandi malam selalu dikaitkan dengan penyakit reumatik ini.

2. Mandi malam dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah masuk angin

Hal ini mungkin tepat dan berkaitan erat dengan proses mandi malam yang Anda lakukan. Pada malam hari kecenderungan suhu tubuh yang melemah sehingga mengharuskan para pemilik tubuh untuk beristirahat, akan tidak dapat dilakukan, jika para pemilik tubuh memaksakan mandi malam. Pori-pori tubuh yang terbuka pada malam hari dan terkena air dingin, maka dapat menyebabkan masuknya air melalui kulit, dimana air ini dapat menyebabkan gangguan pada sistem hormon tubuh, yang kemudian dapat mengakibatkan gangguan metabolisme dalam tubuh, yang oleh kebanyakan orang dikenal dengan gejala masuk angin.

3. Mandi di malam hari dapat menyebabkan tubuh menjadi demam

Hal tersebut lebih dipengaruhi karena adanya peningkatan suhu tubuh di malam hari, terlebih lagi jika kita telah melakukan aktivitas sebelum mandi di malam hari. Suhu panas dari tubuh, yang dipertemukan dengan suhu dinginnya air mandi inilah, yang kemudian banyak menyebabkan terjadinya rasa panas dan dingin pada tubuh dan lebih seri diidentikkan dengan terjadinya demam pada tubuh.

4. Mandi malam dapat menyebabkan rasa nyeri pada otot dipagi hari

Penyebab inilah, yang pada umumnya seringkali ditemukan oleh mereka yang sering melakukan aktivitas mandi malam, dimana rasa nyeri akan lebih sering dirasakan ketika pagi hari menjelang bangun dari tidur. Penyebab terjadinya keluhan ini lebih sering diakibatkan karena orang yang mandi di malam hari, tidak menggunakan air hangat, sehingga air dingin yang masuk ke pori-pori inilah yang menyebabkan timbulnya nyeri pada otot.

sucasacw4dm1n: