3 Obat Herbal Atasi Diare

Sebagian besar orang sudah pernah mengalami diare. Rasa sakit di perut yang disertai buang air besar berair. Diare biasanya terjadi karena makanan. Maka dari itu saat makanan penyebab diare keluar lewat BAB, diare biasanya sembuh. Namun jika diare tetap berlanjut, dibutuhkan penanganan seperti pemberian obat diare. Selain obat kimia, terdapat obat diare alami yang bisa dipilih untuk menormalkan masalah pencernaan tersebut. Berikut adalah beberapa bahan herbal yang sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi diare.

Bahan Herbal untuk Obat Diare

Supaya diare segera sembuh, bahan-bahan berikut bisa diracik sebagai obat alami untuk menghentikan diare.

Daun pohon jambu

Bahan herbal yang satu ini sudah sangat dikenal sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk diare. Daun yang digunakan adalah dari pohon jambu biji. Daun tersebut dapat diracik dulu, apabila tidak bisa memakan secara langsung. Cukup dengan merebus daun jambu biji dan sedikit garam. Setelah itu, air rebusan tersebut dapat diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Daun jambu biji ini dikenal mampu mengobati rasa mulas pada perut karena diare. Daun jambu tersebut pun diketahui bisa menghentikan BAB yang berair. Daun jambu biji ini bermanfaat dan baik untuk mengobati diare yang disebabkan karena makanan yang terlalu pedas atau bersantan.

Kunyit

Di masyarakat Jawa, tanaman obat ini sering digunakan sebagai bahan jamu. Kunyit yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, juga bisa dimanfaatkan untuk obat diare alami yang mudah dibuat. Akan lebih baik, jika kunyit tanpa tambahan bahan lain. Jika tidak bisa makan kunyit mentah, dapat diparut dan kemudian dibuat jamu kunyit. Sebaiknya buat sendiri di rumah tanpa tambahan bahan lain agar dapat bekerja lebih maksimal dan diare segera terobati. Kunyit yang digunakan tidak perlu banyak, cukup seukuran jari saja. Parut dan rebus sampai mendidih. Setelah itu saring ke gelas dan diminum setiap hari dua kali, atau sampai diare sembuh.

Lempuyang

Bahan herbal lain yang bisa digunakan untuk mengobati diare secara alami adalah lempuyang. Sama seperti kunyit, Anda bisa mengolah lempuyang dengan membuatnya sebagai jamu lempuyang. Anda juga bisa menambahkan sedikit kunyit dan bahan lain agar rasa lempuyang tidak terlalu menyengat. Obat alami ini sangat baik untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi bakteri.

Demikian beberapa bahan herbal untuk obat diare alami yang mudah ditemukan dan mudah diracik sendiri di rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top