Penyebab & Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Setiap orang mungkin pernah mengalami gusi berdarah setidaknya satu kali pada dalam hidupnya. Kondisi gusi yang berdarah dapat terjadi dalam waktu seseorang sedang menggosok gigi, sedang makan, ataupun sedang melakukan kegiatan lainnya & bahkan ketika seorang diam sekalipun. Gusi merupakan penyokong gigi, sehingga apapun perkara yg terjadi dalam gigi akan mensugesti gusi, & begitu pula kebalikannya. Gusi berdarah memang nir terjadi begitu saja, ada beberapa penyebab yg dapat memicu timbulnya gusi berdarah.

  • Aktivitas menggosok gigi yg terlalu keras sehingga mengakibatkan jaringan gusi menjadi berdarah. Atau faktor sikat gigi yang bulunya terlalu keras sehingga bisa melukai gusi.Berbagai syarat medis misalnya adanya pendarahan atau penggumpalan darah dalam gusi, adanya penyakit gingivitis, periodontitis, riwayat penyakit jantung, dan kanker.
  • Kurangnya asupan vitamin C.
  • Kebersihan ekspresi yang nir terjaga.
  • Penggunaan benang gigi yang tidak tepat buat membersihkan gigi.
  • Adanya perubahan hormon yg disebabkan lantaran kehamilan, menopause, ataupun menstruasi.
  • Kekurangan vitamin K.
  • Faktor genetik atau keturunan.
  • Pengaruh konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Gigitan yang tak seimbang dan gerakan mengunyah atau mengoyak kuliner menggunakan tekanan berlebihan pada beberapa area lisan.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Kondisi gusi yg berdarah memang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Tak sporadis gusi berdarah ini diikuti menggunakan rasa ngilu dan sakit dalam area gusi. Gusi yg berdarah pun tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena dampak jangka panjangnya adalah dapat mengakibatkan kebusukan pada gigi dan gusi itu sendiri. Jika Anda mengalami gusi berdarah, beberapa bahan alamiah berikut ini dapat membantu mengatasinya:

1. Lemon

Buah berwarna kuning dan terasa agak asam ini ternyata mempunyai khasiat yg luar biasa buat mengobati segala kondisi kesehatan. Termasuk keliru satunya merupakan mengatasi gusi berdarah. Kandungan vitamin C yg ada pada dalamnya memang dinilai ampuh buat menyembuhkan gusi berdarah. Apabila Anda ingin memanfaatkan lemon buat mengobati gusi berdarah relatif lakukan langkah berikut adalah:

Siapkan satu butir lemon yang telah matang, belah sebagai 2 bagian.
Peras butir lemon & perasannya campurkan ke dalam 1/2 gelas air hangat.
Tambahkan beberapa sendok garam ke dalamnya. Kemudian aduk rata sampai semuanya tercampur.
Gunakan ramuan ini menjadi obat kumur. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari supaya gusi berdarah cepat teratasi.

2. Bawang Putih

Bawang putih telah diakui sebagai bahan alami buat menyembuhkan segala kondisi kesehatan karena kandungan antibiotik alami pada dalamnya. Bawang putih pun ternyata mempunyai khasiat baik buat kesehatan ekspresi termasuk kesehatan gusi. Untuk mengatasi gusi berdarah menggunakan bawang putih, Anda dapat memperbanyak konsumsi kuliner yang mengandung bawang putih. Selain itu Anda jua bisa membuat ramuan penyembuh gusi berdarah menurut bahan alami ini menggunakan cara menghaluskan satu siung bawang putih dan ketika telah halus bisa ditempelkan atau dioleskan dalam gusi yang berdarah.

3. Akar Sereh

Akar sereh juga termasuk ke dalam tanaman alami yang bisa mengatasi gusi berdarah. Untuk menggunakannya Anda cukup menyiapkan akar sereh yg telah kemarau (mampu diperoleh di pasar tradisional). Caranya:

Rebus akar sereh tersebut dengan menggunakan air higienis.
Setelah direbus sisihkan sampai dingin.
Kemudian saringlah air rebusan akar sereh & gunakan air rebusan ini buat berkumur.
Sebagai cara lain agar ramuan lebih sempurna, Anda dapat mencampurkan daun sereh dalam ramuan ini.

4. Air Garam

Manfaat garam ternyata nir hanya menjadi penambah rasa asin bagi segala masakan. Garam pula bisa diolah sebagai ramuan buat mengobati beberapa syarat misalnya diare dan gusi berdarah. Untuk membuat ramuan air garam yg berkhasiat bagi pengobatan gusi berdarah langkahnya sangatlah gampang. Caranya adalah:

Cukup siapkan satu gelas air hangat.
Kemudian masukkan satu atau 2 sendok makan garam.
Aduk homogen hingga garam larut.
Lalu pakai ramuan air garam ini menjadi obat kumur.
Lakukanlah sebanyak 2 kali sehari (sebaiknya ketika pagi hari dan malam hari menjelang tidur) supaya gusi berdarah bisa segera teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top