Manfaat Dari Konsumsi Chia Seed

Makanan organik saat ini sedang trend seiring dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pengaruh makanan pada kesehatan mereka. Bukan hanya bahan makanan sehat dari dalam negeri saja namun juga bahan makanan import yang dianggap baik untuk kesehatan kini ramai dibicarakan dan dicari. Salah satunya adalah chia seed yang merupakan biji-bijian dari negara Mexico dan Amerika Serikat. Kabarnya bijian yang sepintas mirip bijih delima ini sangat baik untuk sistem pencernaan terutama bagi mereka yang dalam proses diet.

Berikut ini rahasia dibalik manfaat chia seed untuk membantu proses diet pada manusia.

Chia seed merupakan bijian yang sebenarnya memiliki rasa hambar. Untuk mengkonsumsinya bijian ini harus direndam terlebih dahulu dalam air selama kurang lebih 20 menit. Bijian yang telah direndam lama kelamaan akan mengembang sehingga memiliki volume yang lebih besar. Bijian ini ketika telah dimakan juga akan mengembang dalam perut sehingga menghasilkan rasa kenyang yang lebih lama hingga akhirnya dicerna oleh usus dan dikeluarkan.
Selain karena proses mekanis tersebut, chia seed memiliki serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan. Bagi Anda yang sedang melakukan diet, mengkonsumsi makanan tinggi serat akan membantu Anda kenyang lebih lama dan sekaligus menjaga proses pencernaan agar tetap bisa melakukan tugasnya dengan lebih mudah. Manfaat dari chia seed itulah yang membuatnya menjadi primadona dalam usaha menurunkan berat badan dan memperbaiki sistem pencernaan.
Mungkin Anda akan kesulitan jika mencari chia seed di pasar tradisional atau supermarket biasa. Meski manfaat dari chia seed cukup besar namun pemasarannya di Indonesia belum terlalu tersebar. Itulah yang disayangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top