Mau Liburan Hemat? Ikuti Tips Berikut Ini

Liburan kadang dijadikan suatu hobi yang menyenangkan. Istilah kerennya adalah traveling. Traveling adalah suatu kegiatan menjelajahi alam, bermain bersama alam dan mengenal lingkungan. Orang yang hobi traveling biasanya adalah orang-orang yang tangguh karena alam tidak pernah mengajarkan untuk bermanja-manja. Biasanya para anak muda yang paling gencar dalam mewujudkan hobinya walaupun dalam kondisi yang kurang memungkinkan. Dompet setipis apapun mereka tetap berangkat mengeksplorasi alam demi kepuasan dirinya.
Ada beberapa tips dan trik buat kamu yang belum sempat menabung untuk liburan namun sudah saatnya dan sudah banyak yang mengajak untuk berlibur. Kamu bisa memangkas budget dari yang biasanya melebihi 1 juta, kini kamu bisa berlibur dengan budget dibawah 1 juta. Berikut ini beberapa tips dan trik untuk liburan walaupun kamu hanya punya uang pas-pasan.
1. Memangkas biaya akomodasi. Bila tujuan liburan cukup jauh dan harus menggunakan pesawat, sebaiknya gunakan pesawat airlines karena harganya lebih miring daripada pesawat komersial. Bila menggunakan bus, pilihlah bus ekonomi yang non AC. Sekali-kali boleh lah merasakan panas dan pengapnya bus umum yang mungkin sering kamu hindari karena fasilitasnya yang minim banget.
2. Pilih tempat penginapan yang murah. Kamu bisa memilih hostel sebagai pilihan penginapan. Hostel adalah tempat penginapan namun harganya bukan per kamar melainkan perorangan. Tentunya hostel harganya jauh lebih murah daripada hotel atau losmen lainnya. Jika ingin lebih berhemat lagi, kamu bisa bawa tenda dari rumah untuk di dirikan di alam terbuka bersama kawan-kawan. Selain untuk menumbuhkan rasa setia kawan, mendirikan tenda juga dapat melatih kemandirian dan pastinya lebih hemat.
3. Membawa bekal adalah salah satu usaha untuk menghemat biaya liburan. Kamu bisa membawa mie instan atau bubur instan untuk dimasak saat perjalanan. Jadi, kamu tidak usah membeli. Bawalah makanan instan atau makanan ringan untuk mengganjal perut saat tengah kelaparan.
4. Ajaklah beberapa temanmu untuk berlibur. Liburan dengan rombongan biasanya lebih murah karena kamu dapat menyewa atau membeli sesuatu dengan cara patungan. Selain itu, liburan juga akan semakin asyik karena perjalanan akan lebih ramai dan menyenangkan.
5. Sebaiknya kunjungi lokasi wisata yang dikelola oleh pemerintah. Tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah biasanya harga tiket akan jauh lebih murah dibanding dengan wisata yang dikelola oleh pihak swasta.
6. Tidak membeli terlalu oleh-oleh. Berlibur tidak harus membelikan oleh-oleh untuk kerabat. Beli secukupnya saja misal makanan khas. Tidak perlu beli baju atau kain khas lokasi liburan. Ingat, kamu liburan untuk dirimu bukan untuk orang lain. Tahan rasa untuk berbelanja dan ingat kondisi dompetmu saat melihat sesuatu yang ingin dibeli. Membawakan oleh-oleh untuk orang lain akan membengkakkan biaya liburan. Bukan berarti pelit, namun semua itu bisa dibeli lain waktu jika keuangan sedikit longgar.
7. Lebih hemat bila kamu menyewa kendaraan seperti mobil untuk menuju lokasi. Kamu bisa patungan dengan teman-teman untuk menyewa kendaraan. Selain itu akses kemana-mana juga lebih mudah karena membawa kendaraan sendiri.
Demikian tadi beberapa tips agar kamu bisa berlibur meski kondisi keuangan sedang menipis. Tips dan trik ini dapat kamu terapkan biasanya pada akhir bulan dimana kamu sedang penat menghadapi rutinitas namun kondisi keuangan semakin menipis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top